Facebook Diprediksi Punah Pada 2020

Mungkin tidak terbersit dalam pikiran kita Facebook akan menuju ambang kepunahan, mengingat begitu pupulernya media sosial di kalangan pengguna internet di seluruh dunia. Namun, seorang analis memperkirakan akhir dari media sosial tersebut sudah di depan mata.

Eric Jackson, pendiri Ironfire Capital hari Senin dalam penampilannya di acara Squawk on the Street stasiun televisi CNBC menyatakan, dalam lima hingga delapan tahun mendatang mereka akan menghilang sebagaimana Yahoo menghilang. Yahoo tetap menghasilkan uang dan laba, bahkan masih memiliki 13.000 karyawan yang bekerja untuknya, namun nilai 10 persen  dari tertinggi mencapai 2000, kesimpulan dari seluruhnya bisa dibilang menghilang.

Penyebab Jacson berfikir Facebook akan mengikuti jejak Yahoo ialah, Facebook terus tertinggal di perbatasan internet baru yang menuju ke arah mobile.

Facebook saat mengajukan IPO bulan Februari mengungkapkan, perusahaan telah memiliki lebih dari 425 juta pengguna mobile aktif selama Desember 2011, atau sekitar setengah dari basis pengguna di seluruh dunia. Meski angka tersebut cukup mengesankan, pengguna tersebut tidak menghasilkan uang sepeserpun bagi Facebook.

Jackson berpendapat, ada tiga generasi perusahaan internet modern. Generasi pertama jenis bisnis seperti Google dan Yahoo, yang mengorganisir dan mengumpulkan data di web. Generasi kedua, dipimpin Facebook yang menciptakan jejaring sosial. Sementara generasi ketiga, terdiri dari perusahaan yang fokus memperoleh platform mobile.

Menurut analis, dunia internet bergerak lebih cepat dan sudah semakin kompetitif dan mereka yang mendominasi generasi sebelumnya, akan benar-benar mengalami kesulitan bergerak memasuki generasi baru.

Jackson juga menyatakan, sejarah telah membuktikan, perusahaan web kerap kesulitan menerjemahkan kesukesan dari satu generasi kegenerasi lain. Lihat bagaimana Google berjuang terjun ke dalam media sosial, sementara Facebook akan menghadapi jenis tantangan yang sama masuk kedalam generasi mobile. (fahrur)

0