Tim Investigasi Korupsi Quran

VIVAbews - Kementerian Agama membentuk tim investigasi guna menyelidiki kasus dugaan korupsi pengadaan Alquran. Tim investigasi itu diketuai Inspektur Jenderal Kementerian Agama Suparta.

"Kami bentuk tim investigasi, barangkali ada info yang tercecer," kata Menteri Agama Suryadharma di Kementerian Agama, Jakarta, Selasa 26 Juni 2012.

Menurut Suryadharma, tim investigasi itu diisi oleh orang-orang internal Kemenag. "Tim ini dari internal Kemenag. Pak Irjen Kemenag ketuanya. Kita tugaskan Pak Irjen mengerjakan. Kan ada indikasi memang setiap laporan keuangan tahunan itu ada catatan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)," ujarnya.

Suryadharma mencontohkan, misalnya ada anggaran sekian miliar yang tidak bisa dipertanggungjawabkan, kemudian ada pengadaan barang yang melanggar aturan dan tidak sesuai. "Itu pasti ada catatannya," ujarnya.

Kendati demikian, Suryadharma menegaskan, tidak mengetahui adanya dugaan korupsi yang saat ini tengah diusut KPK itu. "Sudah saya jelaskan saya selaku menteri tidak tahu, Sekjen, Irjen lalu Wamenag sendiri yang sudah disebut-sudah juga tidak tahu," ujar Ketua Umum PPP itu.

Menurut Suryadharma, pencatatan mengenai pengadaan Alquran itu tidak ada. "Tiba-tiba kita diinfokan ada korupsi di dalam pengadaan Alquran. Ini mengagetkan kita semua," kata dia.

"Terus terang saya prihatin kalau masalah ini digoreng-goreng dengan mendatangkan orang-orang yang tidak tahu terus diminta untuk menilai. Kita saja tidak tahu, bagaimana kita bisa menilai, apalagi orang luar," kata Suryadharma.

Suryadharma juga mengatakan, jangka waktu tim investigasi itu bekerja sekitar satu minggu. Untuk kemudian apakah hasilnya akan ditindaklanjuti ke KPK, Suryadharma masih pikir-pikir.

"Kita lagi pikirkan apakah akan dilaporkan atau tidak. Kami juga pikirkan apakah perlu dilaporkan ke publik atau tidak. Itu yang penting minimum untuk pegangan internal kalau KPK tanya, ini loh datanya," ucapnya. (sj)

SUMBER :  http://nasional.news.viva.co.id/news/read/329800-kemenag-bentuk-tim-investigasi-korupsi-quran?utm_source=dlvr.it&utm_medium=facebook
0