Inilah Priscilla Chan, Penakluk Hati Mark Zuckerberg

TEMPO.CO, California - Perempuan 27 tahun ini tampil apa adanya. Memeluk anjing blasteran puli dengan Hungarian Sheepdog, sang gadis bermata sipit memamerkan foto terbarunya sebagai foto profil. Sang anjing kesayangan ikut pula nongkrong di antara dua pasang kaki lelaki dan perempuan, di foto utama timeline Facebook-nya.

Gadis itu adalah Priscilla Chan, 27 tahun, sang penakluk hati Mark Zuckerberg, biliuner pendiri dan pemimpin jejaring sosial Facebook. Mark, 28 tahun, memutuskan mengikatkan cincin bermata rubi itu kepada sang gadis di pelaminan, 19 Mei 2012 waktu Palo Alto, Amerika Serikat. Hanya beberapa hari setelah Mark meluncurkan penawaran saham Facebook. Tepat seminggu setelah sang istri lulus dari sekolah dokter dan dirinya merayakan ulang tahun ke-28.

Jika dibanding dengan ketenaran Mark Zuckerberg sebagai empunya Facebook, Priscilla Chan nyaris tak terdengar. Berdarah Cina-Amerika, Chan mengenal Zuckerberg pada 2002, waktu keduanya menghadiri sebuah pesta di Universitas Harvard, tempat mereka kuliah. Mereka berkenalan dan akrab saat sama-sama mengantri toilet.  "Dia (Zuckerberg) seorang kutu buku," kata Priscilla. "Dia mendekati saya dengan humor ilmu komputer, seperti menyebut dot H untuk ajakan nge-bir."

Dalam laman akun Facebook-nya, tertulis bahwa Priscilla jago memasak dan bahkan punya kelompok kuliner. Penyuka warna lembut itu menyukai daerah beriklim hangat, suka berjemur di matahari, dan gandrung manisan tomat. "Saya gemar menonton saluran memasak di televisi," tulisnya.

Priscilla juga dikenal akrab dengan anak-anak, sehingga tidak mengherankan bila dirinya dikenal sebagai guru favorit di kelas empat dan lima untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di sekolah dasar The Harker School pada 2007-2008.

Memiliki darah Cina membuat Priscilla mampu berbicara dalam bahasa Kanton dengan lancar. Namun Nyonya Zuckerberg ini ternyata menguasai sejumlah bahasa internasional (polyglot), yakni Inggris, Spanyol, dan tentunya, dialek Cina, Kanton. Lulusan kedokteran Universitas California San Francisco ini juga lihai berbahasa Spanyol. "Dan saya akan pergi ke Peru di musim panas ini," katanya di laman Facebook.

Sebagai dokter, perempuan 27 tahun ini dikenal koleganya sebagai sosok yang peduli dengan orang lain. Ketika berbicara tentang operasi, donor, dan pasien yang membutuhkan bantuan organ vital, Priscilla selalu bersemangat. Meski pembicaraan itu terjadi di meja makan waktu santap malam.

"Kenapa tidak banyak orang yang donorkan organ mereka? Seandainya mereka tahu bila persediaan organ sangat kritis dan banyak yang membutuhkan," kata Priscilla yang dikutip Huffington Post.

Dari obrolan Priscilla itu, Zuckerberg terinspirasi membuat laman khusus calon pendonor organ tubuh. Di laman ini, calon pendonor bisa memberitahukan keluarga dan kerabat mereka akan rencananya menyumbangkan organ tubuh. Mereka juga bisa mengisi formulir pendonoran. "Dengan laman ini, kami harap, bisa membantu penyebaran kesadaran orang untuk ikut dalam donor organ," kata Zuckerberg.

Tak hanya menginspirasi, Priscilla bahkan menjadi rekan kerja Mark dalam mendirikan Facebook. Ketika di tahun 2005 Mark meninggalkan Harvard dan fokus ke proyek Facebooknya dia mencoba merekrut teman kuliahnya salah satunya Priscillia.


Sekian lama berpacaran, baru 7 tahun kemudian Mark menulis menulis relationship statusnya. Seperti dikutip dari TMZ dalam sebuah buku yang ditulis oleh Sarah Lucy jika mereka melakukan kontrak untuk menghabiskan waktu bersama di luar pekerjaan.


Di Facebook, Priscilla memiliki 143.716 teman. Hingga Minggu, 20 Mei 2012, semakin bertambah menyusul kabar pernikahan mereka. Namanya di ensiklopedia dalam jaringan (daring), Wikipedia.com, sempat selip dengan Priscilla Chan, penyanyi dari Hong Kong. Wikipedia lebih menautkan Priscilla sebagai istri Mark Zuckerberg dalam aktual info profil datanya.

Para sahabat keduanya bahkan yakin bahwa Mark membuat dan menjaga akun khusus http://www.facebook.com/priscilla bagi sang pujaan hati. Dengan kata lain, boleh ada banyak nama Priscilla di dunia ini, namun hanya ada satu Priscilla di akun Facebook ciptaan Mark Zuckerberg.

source : http://www.tempo.co/read/news/2012/05/20/219404912/Inilah-Priscilla-Chan-Penakluk-Hati-Mark-Zuckerberg
0