Smartphone Facebook oleh Mantan Insinyur Apple

Facebook telah mempekerjakan lebih dari setengah lusin mantan karyawan Apple yang terdiri dari beberapa orang insinyur yang terlibat dalam pengembangan iPhone dan iPad, untuk membangun ponsel Facebook. Sumber yang tidak disebutkan namanya kepada Nick Bilton dari New York Time menyatakan, Facebook berharap dapat meluncurkan smartphone miliknya pada tahun depan.

Bilton menyatakan, informasi tersebut diperoleh dari sumber yang meliputi karyawan Facebook, insinyur yang mengikuti proses perekrutan serta orang yang diberi informasi mengenai rencana Facebook. Kepada Bilton mereka mengungkapkan, perusahaan telah mempekerjakan lebih dari enam orang karyawan software Apple serta insinyur hardware yang terlibat dalam pengembangan iPhone dan salah seorang lagi terlibat dalam pengembangan iPad.

Proyek smartphone Facebook sebelumnya pernah dilaksanakan dan menurut laporan tersebut, perusahaan baru kali ini terkesan serius merekrut orang-orang yang berpengalaman dalam membuat smartphone. Salah seorang karyawan Facebook pada New York Time menyatakan, Facebook sendiri pada dasarnya memiliki kemampuan untuk mengembangkan hardware.

Menurut karyawan tersebut, Mark Zuckerberg sang pendiri Facebook merasa khawatir Facebook hanya akan menjadi sebuah aplikasi bagi platform mobile lain, bila mereka tidak dapat menghasilkan sebuah smartpohone dalam waktu dekat.

Facebook diam-diam juga sudah mulai mengumpulkan seluruh unsur penting dari sebuah perangkat selular. Mereka baru saja meluncurkan aplikasi kamera baru yang dapat mengupload secara langsung ke Facebook, menyediakan layanan messenger dan mereka dikabarkan sedang menjalin hubungan dengan pengembang web browser Opera. Facebook bahkan memiliki rencana untuk meluncurkan app store miliknya. (fahrur)

0