trik Online bulan ramadhan

Hmm.. besok kita kan menjalankan puasa di bulan Ramadhan 1433 H ini. Alhamdulillah semoga saya masih bisa menjalankan puasa dengan baik dengan tetap menjalani aktifitas keseharian saya seperti normal. Sebagai seorang blogger (netter) tentunya akan mempunyai aktifitas yang “berlebih” daripada orang biasa (bukan netter). Selain menjalani aktifitas di dunia nyata harus juga disertai dengan aktifitas di dunia maya. Namun di bulan Ramadhan ini tentunya kita harus pandai-dandai dalam melakukan aktivitas online, karena sedikit banyak bisa mengarahkan pada hal-hal yang negatif dan tentunya membuat pahala puasa kita berkurang bakhan hilang sama sekali. Olehnya itu, selama bulan suci Ramadhan aktivitas dalam jaring (online) sebaiknya diupayakan seminimal mungkin dan beribadah lebih banyak. Lakukan aktivitas online seperlunya saja.
Untuk menunjang kegiatan berinternet di bulan puasa ini, berikut ini saya ada beberapa tips yang bisa di aplikasikan untuk berinternet yang aman/sehat selama bulan puasa:
Online setelah sholat tarwih
Jika tidak ada kebutuhan penting, sebaiknya tidak melakukan aktivitas online setela sholat tarwih. Jarang ada yang online hanya sebentar di malam hari dan online pada waktu ini bisa membawa Anda sampai ke larut malam. Bagi yang masih menyiapkan sahur sendiri, Anda akan kesulitan untuk bangun subuh karena waktu tidur yang hanya sedikit. Online pada waktu ini juga akan memperkecil peluang untuk bangun melakukan sholat lail.
Online setelah makan sahur
Biasanya banyak yang memanfaatkan waktu antara sahur dan sholat subuh untuk online. Karena rentang waktunya yang sempit, dianjurkan agar tidak melakukan aktivitas online pada waktu ini agar ibadah sholat subuh bisa fokus. Lebih baik mengisinya dengan membaca Qur’an atau berdzikir sambil menunggu waktu sholat subuh.
Main game online
Jika selama ini Anda termasuk orang yang gemar bermain game, khususnya game online, sangat dianjurkan agar berhenti dulu selama bulan puasa ini. Game online akan menyita banyak waktu Anda dan membuat hati Anda lalai sementara kita dianjurkan memperbanyak ibadah di bulan suci Ramadhan.
Membuka situs Youtube
Membuka Youtube bisa menjebak Anda untuk menonton video-video vulgard yang akan mengotori penglihatan dan pikiran Anda. Jika memang harus masuk ke youtube, maka nontonlah video yang diperlukan saja lalu tinggalkan, jangan jelajahi.
Menunggu waktu berbuka sambil online dengan maksud waktu dan rasa lapar tidak terasa
Dalam hal ini kita bisa menyamakan aktivitas online dengan tidur, yakni tidur dengan tujuan agar waktu dan rasa lapar tidak terasa. Tidur yang bermalas-malasan seperti ini sangat tidak dianjurkan karena dengan begitu rasa lapar dan dahaga tidak begitu terasa sehingga mengurangi salah satu maksud dari puasa itu sendiri. Lain cerita jika online pada waktu ini dimanfaatkan untuk mencari ilmu bermanfaat lewat bacaan-bacaan online.
Itulah diataranya beberapa tips berinternet selama bulan puasa, semoga kegiatan aktifitas online kita tidak menggangu nilai pahala untuk puasa kita. Amin. :)
Semoga bermanfaat
sumber: http://lifestyle.infospesial.net/read/1059/tips-berinternet-selama-bulan-puasa.html
0