Inilah 11 Paten yang Dilanggar Android

Kita tahu persis bahwa Android sering kali mendapatkan tuntutan dari Apple dan Microsoft. Hal tersebut dikarenakan Apple dan Microsoft melihat bahwa Android seringkali melakukan pelanggaran terhadap hak cipta mereka. Sayangnya, tidak banyak sumber yang menjelaskan pelanggaran apa yang dilakukan oleh Android.
Situs Business Insider pun kali ini membeberkan apa saja yang menjadi titik perseteruan antara Android dengan Apple dan Microsoft. Berikut adalah 11 paten yang dilanggar oleh Android dan para produsen smartphone-nya.
1. Patent EP2059868: Perangkat elektronik portabel untuk manajemen foto. Paten ini mengarah pada model geser pada galeri foto. Apple melakukan tuntutan terhadap Samsung dan Motorola untuk paten ini.
2. U.S. Patent No. 7,469,381: Daftar bergulir dan terjemahan untuk dokumen, scaling, dan rotasi pada tampilan layar sentuh. Paten ini mengarah kepada “overscroll bounce”. Ada beberapa aplikasi yang membutuhkan refresh, dan untuk melakukan refresh, pengguna harus menggeser ke bawah, dan nantinya list email tersebut akan membal kembali ke atas. Samsung mengkopi model seperti ini.
3. U.S. Design Patent No. D618,677: Perangkat elektronik. Paten ini mengarah kepada bentuk desain iPhone dan Samsung Galaxy S yang mirip.
4. U.S. Patent No. 5,946,647: Sistem dan cara melakukan suatu tindakan pada suatu struktur dalam sebuah komputer yang menghasilkan data. Paten ini mengarah kepada saat seorang mengguna menekan sebuah nomor telepon pada sebuah aplikasi (misalnya Mail) dan setelah menekannya, aplikasi dialer muncul karena dengan metode seperti ini berarti pengguna ingin menelepon seseorang. Metode seperti ini adalah paten dari Apple dan  dilanggar oleh Samsung dan HTC.
5. EP1964022: Membuka kunci sebuah perangkat dengan melakukan gerakan pada sebuah gambar pembuka kunci. Paten ini mengarah kepada metode slide to unlock yang ada pada Apple. Motorola yang pertama kali melakukan pelanggaran terhadap paten ini.
6. U.S. Patent No. 6,370,566:  Menghasilkan sebuah permintaan pertemuan dan penjadwalan kelompok dari perangkat mobile. Paten ini mengarah kepada saat pengguna mengirim sebuah undangan pada kalender mobile dan kalender mobile tersebut menghasilkan permintaan pertemuan atau meeting. Microsoft memiliki paten ini dan Motorola melanggar paten tersebut.
7. EP1304891:  Berkomunikasi dengan menggunakan banyak pesan yang terbagi-bagi antara perangkat seluler dengan menggunakan antarmuka yang telah distandarisasi. Paten ini mengarah kepada melakukan pengiriman pesan melebihi 160 karakter dengan membaginya ke beberapa pesan. Microsoft memiliki paten seperti ini dimana seorang pengguna akan menerima SMS panjang dan bukan SMS yang terpotong-potong menjadi beberapa bagian. Paten ini dilanggar Motorola. Microsoft pun telah menerima pembayaran dari Apple untuk paten ini.
8. U.S. Design Patent No. D504,889: Perangkat elektronik. Paten ini mengarah kepada kemiripan model iPad dengan Samsung Galaxy Tab 10,1.
9. U.S. Patent No. 8,086,604: Sebuah antarmuka universal untuk mendapatkan informasi dalam sebuah sistem komputer. Paten ini mengarah kepada pencarian informasi dengan metode suara seperti Siri. Hal ini pula yang menyebabkan Samsung Galaxy Nexus tidak dijual di Amerika saat ini.
10. U.S. Patent No. 8,046,721: Membuka kunci sebuah perangkat dengan melakukan gerakan pada sebuah gambar pembuka kunci. Ini adalah pelanggaran paten kedua oleh Samsung mengenai cara membuka sebuah perangkat mobile. Paten ini dilanggar pada Samsung Galaxy Nexus.
11. U.S. Patent No. 8,074,172: Sebuah metode, sistem, dan antarmuka grafis dalam memberikan rekomendasi kata. Paten ini mengarah kepada sistem autocorrect. Apple memiliki paten ini dan mereka menuntut Samsung dan Google.

Sumber: Business Insider
0